Tips Melakukan Transaksi Digital di tengah Pandemi

Transaksi secara digital di tengah pandemi menjadi pilihan bagi semua orang. Kondisi pandemi ini menimbulkan berbagai macam hal baru yang semula belum ada atau semula terbatas. Dengan menggunakan transaksi digital ini dapat memudahkan banyak pihak. Terutama bagi penjual untuk transaksi jual beli. Ada 3 alasan mengapa harus menggunakan transaksi digital ini di tengah kondisi pandemi.

Alasan Menggunakan Transaksi Digital

  • Alasan pertama yang mengharuskan penggunaan transaksi digital ini adalah mengurangi kontak antara penjual dan pembeli. Tak ada yang tahu kapan dan dimana seseorang akan tertular virus corona ini. Sehingga perlu adanya pencegahan agar penyebaran dapat ditekan lebih maksimal. Salah satunya dengan transaksi digital. Bisa saja penyebaran terjadi saat pembeli membayar sejumlah uang kepada penjual. Sehingga metode pembayaran secara digital ini menjadi pilihan yang cukup dapat kamu lakukan. Selain itu, jika biasanya terjadi antrean saat pembayaran dapat diatasi dengan adanya pembayaran digital ini.
  • Alasan mengapa menggunakan transaksi digital yang kedua adalah memudahkan penjual dalam hal pengelolaan uang. Apabila pembeli masih menggunakan uang tunai maka pekerjaan yang harus kamu lakukan setiap harinya adalah menghitung berapa yang kamu hasilkan. Kaitannya dengan pandemi adalah kita tidak tahu dari mana saja uang tersebut. Sehingga mengurangi penjual terkontaminasi virus corona tersebut. Transaksi dan perhitungan akan lebih mudah dilakukan dengan transaksi menggunakan uang digital.
  • Alasan ketiga adalah dengan menggunakan transaksi digital ini dapat mengurangi resiko terjadinya kejahatan. Tak jarang banyak toko yang dimasuki oleh maling. Maling tersebut mengincar uang di Dengan menggunakan transaksi digital mereka akan sulit untuk membobolnya. Resiko uang diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab juga cukup sedikit. Sehingga metode pembayaran ini dapat kamu lakukan untuk mengurangi resiko kejahatan.

Tips Aman Transaksi Digital

Transaksi digital menjadi salah satu adaptasi baru yang harus dilakukan oleh masyarakat ini. Dengan alasan mengurangi kontak antara penjual dan pembeli, transaksi digital ini diharapkan mampu diandalkan untuk mengatasi pandemi ini. Namun tetap saja kamu perlu berhati-hati saat bertransaksi secara digital. Berikut adalah beberapa tips aman yang bisa kamu lakukan untuk bertransaksi digital secara aman.

  • Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan menggunakan wifi publik saat sedang melakukan pembayaran digital. Menurut pendapat otoritas jasa keuangan atau OJK menggunakan wifi publik ini rentan terjadilah pencurian data. Apabila kamu ingin bertransaksi secara digital usahakan untuk menggunakan jaringan pribadi. Sehingga resiko pembobolan data pribadi dapat diminimalisir. Apabila terpaksa menggunakan jaringan wifi publik maka kamu perlu memantau terus notifikasi. Apabila ada notifikasi mengenai pembayaran yang tidak kamu lakukan maka kamu dapat menghubungi pihak terkait.
  • Tips kedua adalah berbelanja di situs online atau belanja melalui aplikasi yang sudah terpercaya. Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan kamu hanya boleh bertransaksi melalui aplikasi atau melalui situs online yang resmi. Sehingga tidak terjadi penipuan. Bisa saja jika kamu berbelanja melalui situs online yang tidak resmi kamu mengalami penipuan. Orang tersebut meminta sejumlah uang untuk dibayarkan padahal barang tidak pernah sampai ke tangan pembeli.
  • Tips ketiga yang harus kamu lakukan adalah ganti password transaksimu dengan rutin. Dengan mengganti password transaksi kamu akan lebih terhindar dari pembobolan akun. Selain itu, jangan pernah memberikan kode OTP pada orang lain. Itu merupakan kode rahasia sehingga harus kamu sendiri yang tahu mengenal kode tersebut. Hapus pesan setelah kode dikirimkan. Jangan berikan pin transaksi pada orang lain. Pin transaksi merupakan salah satu hal yang sangat rahasia dan hanya kamu saja yang mengetahuinya.

Ada beberapa keuntungan yang juga dapat kamu rasakan pada saat menggunakan sistem pembayaran ini. Keuntungan pertama yang kamu dapatkan adalah praktis dan juga efisien. Dengan menggunakan pembayaran secara digital ini kamu tidak perlu membawa dompet. Hanya perlu membawa handphone saja kamu sudah dapat melakukan pembayaran. Keuntungan kedua adalah lebih aman dari pencuri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dengan menggunakan transaksi secara digital ini kamu dapat mengurangi resiko terjadinya kejahatan.

Keuntungan menggunakan sistem pembayaran digital adalah mendapatkan lebih banyak diskon dan promo. Kamu akan mendapatkan banyak promo saat menggunakan cara pembayaran ini. Seperti promo cashback. Keuntungan keempat adalah dengan pembayaran secara online ini kamu hanya membayar sejumlah biaya yang diminta. Karena biasanya saat bertransaksi secara lain tidak ada kembalian uang dan waktunya lebih lama. Dengan menggunakan cara ini dapat memberi banyak keuntungan.

Itu tadi beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat ingin bertransaksi secara digital. Kamu perlu tetap waspada meskipun metode pembayaran ini cukup aman. Tak ada salahnya untuk tetap berjaga-jaga agar tetap aman dalam bertransaksi.