Strategi Membuat Bisnis Bertahan di tengah Pandemi

Adanya wabah ini memberikan dampak yang cukup terasa bagi segala aspek kehidupan. Pada dunia kesehatan penanganan kasus ini juga sangat berbeda. Petugas medis menggunakan alat pelindung diri untuk menghindar paparan virus ini. Pada dunia bisnis juga sangat berdampak karena ada banyak bisnis yang terpaksa ditutup bahkan hingga gulung tikar karena pandemi ini. Kondisi yang demikian membuat banyak sektor menjadi terpuruk. Perlu ada suatu hal untuk membuat bisnismu tetap bertahan dengan baik di tengah pandemi. Caranya adalah dengan mengatur strategi yang baik.

Apa Itu Strategi

Berbicara mengenai strategi tentu kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu strategi. Strategi merupakan suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan jumlah penjualan. Dengan adanya strategi penjualan yang tepat ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan dapat membantu bisnis yang kamu jalankan tetap bertahan meski di tengah kondisi terpuruk. Perlu ada strategi yang membuat penjualannya semakin mengalami kenaikan.

Strategi Bisnis Di Tengah Pandemi

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat peningkatan penjual dan membuatnya bertahan dalam menghadapi pandemi. Bisnis yang gulung tikar ini menjadi suatu pelajaran. Kira tidak boleh mengambil langkah yang saat menyusun strategi untuk penjelasan. Berikut adalah beberapa strategi bisnis yang dapat kamu lakukan di tengah pandemi.

  • Strategi pertama adalah kamu perlu membagi kategori pasar untuk produk yang kamu jual. Hal ini harus terus diperbaharui untuk mengetahui perubahan apa yang terjadi pada sektor tertentu sehingga penanganannya dapat cepat dilakukan.
  • Strategi kedua adalah kamu perlu melakukan survey atau analisis pasar terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Analisis pasar ini menjadi suatu hal yang sangat penting. Untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan dari orang lain dengan bisnis yang kamu jalankan. Dengan melakukan survey ini kamu dapat menentukan target pasar yang tepat untuk usaha yang kamu jalankan. Target pasar menjadi satu hal penting karena kamu akan menjual barang ke seseorang. Sehingga perlu diketahui siapa targetnya apakah anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua. Kamu dapat membuat kemasan sesuai dengan target pasarmu itu. Sehingga akan lebih menarik banyak pembeli dan meningkatkan penjualan bisnismu.
  • Strategi ketiga adalah kamu perlu bermitra dengan orang lain. Untuk kamu yang tidak memiliki banyak modal maka dapat menggunakan strategi ini agar bisnismu tetap berjalan. Apabila kamu sedang ada dimasa sulit dan membutuhkan dorongan, kamu memerlukan biaya untuk memperbaiki atau meningkatkan bisnismu. Maka ajaklah seseorang untuk berinvestasi para bisnismu. Sehingga bisnis yang kamu jalankan tidak mudah gulung tikar.
  • Strategi keempat adalah bekerja sama dengan seorang influencer dapat membantu meningkatkan penjualanmu menjadi lebih baik. Seorang influencer pasti memiliki banyak pengikut. Ini sama saja dengan kamu memberitahukan mengenai produkmu ke khalayak yang lebih ramai. Biasanya jika influencer suka dengan bisnismu maka banyak orang yang menjadi tertarik juga. Hal ini karena daya tarik dari influencer ini memang cukup tinggi. Tetapi memang bekerja sama dengan influencer ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Tetapi dampaknya sangat terasa bagi bisnis yang kamu jalankan. Kamu dapat memilih blogger, vlogger, selebgram, atau selebritis untuk mengiklankan produk yang kamu miliki. Sehingga lebih banyak orang yang akan tertarik.
  • Strategi kelima adalah tetap menjaga kualitas pelayanan pada pelanggan lama. Pelanggan lama merupakan mereka yang selalu membeli produk kamu sejak awal dan konsisten. Karena mereka adalah pelanggan setiamu sehingga pelayanan yang nyaman perlu tetap dilakukan. Bahkan perlu adanya peningkatan pelayanan.
  • Strategi keenam yang dapat kamu lakukan adalah membuat video promosi yang menarik. Selain dengan influencer kamu juga perlu membuat video yang menarik. Seperti mengenai perkenalan produk yang kamu miliki, apa saja kelebihannya, mengapa seseorang perlu menggunakan atau memilih produk yang kamu jual ini. Dengan begitu orang-orang akan memiliki alasan untuk memilih produkmu.
  • Strategi ketujuh adalah dengan membeli iklan pada website atau marketplace. Dengan menggunakan iklan ini akan lebih banyak orang yang melihat produkmu. Sehingga diharapkan penjualan akan meningkat.
  • Strategi kedelapan adalah meningkatkan pelayanan komunikasi kepada pelanggan. Pelanggan cenderung lebih menyukai toko dengan pelayanan yang cepat. Sehingga dengan kamu meningkatkan kualitas pelayanan diharapkan akan dapat membantu dalam peningkatan penjualan barangmu. Apabila sebelumnya kamu hanya menggunakan WhatsApp saja coba untuk memperluas jaringanmu. Seperti menggunakan Instagram, Facebook ataupun media sosial lainnya. Sehingga semua dapat menghubungi tokomu dengan sangat mudah.

Pada saat melakukan promosi penjualan kamu perlu memberitahukan bahwa produk milikmu aman. Kamu dapat memberikan sedikit cuplikan video untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut memang dibuat dengan aman dan sesuai dengan prosedur. Itu adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan di tengah kondisi pandemi. Semoga dapatĀ  membantu dalam peningkatan kualitas dan kuantitas penjualan produkmu. Selamat mencoba.